Sabtu, 16 Februari 2013

JATUH NYA METEORIT DI RUSIA MEMAKAN RIBUAN KORBAN


Hari Jum'at 15 Februari 2013 media elektronik ramai memberitakan akan adanya meteor yang akan melintas dan terlihat dari Indonesia. Berita ini tentu saja ramai dibicarakan dikalangan masyarakat baik di perkotaan maupun di pedesaan. Tentu kita patut bersyukur karena pertama kali mendengar berita itu terusterang saja saya agak was-was, namun demikian karena dipemberitaan hanya disebut bahwa meteor akan terlihat dari Indonesia, maka bisa sedikit tenang.

Namun perasaaan tenang itu sekejap saja hilang karena ada pemberitaan yang mengejutkan mengenai   jatuhnya sebuah meteorit pada Jumat pagi  ke danau dekat Chebarkul, di wilayah Oblast Chelyabinsk  Rusia. Menurut sumber http://www.foxcrawl.com, Jatuhnya meteor ini mengakibatkan tebentuknya sebuah lubang 6 meter berbentuk bulat ditemukan di permukaan danau beku Chebarkul setelah meteorit mencapai dataran  Rusia pada Jumat, 15 Februari, 2013.
 Foto: EPA sumber http://www.foxcrawl.com


Ibukota wilayah Chelyabinsk, yang terletak dekat perbatasan Rusia dengan Kazakhstan, mengalami guncangan serius karena hancurnya meteor di atas kota Chelyabinsk.  Kota ini seperti dibombardir dengan puluhan pecahan meteorit yang mengakibatkan  lebih dari 1.000 orang luka-luka terkena reruntuhan bangunan dan pecahan kaca jendel yang hancur.

 Foto: EPA sumber http://www.foxcrawl.com
Menurut para ahli, meteorit ini mirip sebongkah batu besar yang  memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari suara, diperkirakan sekitar 32.000 km per jam. Kecepatan ini menyebabkan ledakan sonik di udara dan mengakibatkan bangunan dan jendela hancur. Seperti diungkapkan oleh Tim O'Brien, direktur asosiasi dari Jodrell Bank Observatory dari Universitas Manchester .

Sekalipun itu terjadi di Rusia yang berjarak ribuan kilometer dari Indonesia, tidak berlebihan jika saya menaruh empati kepada para korban. Karena bisa  saja  meteor jatuh dimana saja tidak  mengenal lokasi atau negara. Jatuhnya meteor tidak hanya dipandang sebagai sebuah fenomena alam belaka namun itu menjadi  Tanda Kebesaran Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar